Yuk Tes Kemampuanmu Dalam Bahasa Jawa Dengan Menjawab Kuis Sederhana Ini....

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang memiliki penutur paling banyak di Indonesia. Tidak heran jika bahasa ini sangat dikenal bahkan oleh suku bangsa lain. Tidak mengejutkan pula kalau mereka pun tertarik untuk mempelajarinya, walaupun sekadar dasar-dasarnya saja.

Perkembangan teknologi yang pesat juga membuat keberadaan bahasa Jawa makin dikenal bahkan hingga ke mancanegara. Seniman-seniman asal Jawa pun banyak yang terkenal seperti Didi Kempot, Via Vallen, Nella Khasrisma dan masih banyak lainnya. Melalui lagu-lagu mereka yang sebagian besar menggunakan lirik bahasa Jawa, secara tidak langsung juga ikut andil menyebarkan bahasa Jawa ke seaantero negeri ini.

Mungkin Anda adalah salah satu di antara orang non-Jawa yang tertarik mempelajari bahasa Jawa tersebut. Tentu mudah mencari sumber untuk belajar bukan?

Salah satunya ya blog ini.

Kali ini, saya membuat kuis dengan lima pertanyaan sederhana tentang bahasa Jawa. Saya yakin Anda bisa menebak dengan benar semuanya :).

Anda sekaligus bisa belajar kosakata dan kalimat yang sering dipakai orang dalam percakapan bahasa Jawa.

Sekarang, Anda dapat segera memulai kuis deangan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini....

Kuis Bahasa Jawa

  1. Apa bahasa Jawanya "Saya"
  2. Panjenengan Kowe Aku
  3. Bahasa Jawanya "Saya Cinta Kamu"?
  4. Kowe seneng aku Aku tresna kowe Aku anyel karo kowe
  5. Apa bahasa Jawanya "Kambing"
  6. Wedhus Manuk Iwak
  7. Apa bahasa Jawanya "Naik Motor"
  8. Nyurung montor Numpak montor Ngguwak montor
  9. Apa bahasa Jawanya "Saya makan nasi"
  10. Aku ngombe wedang Aku tuku sega Aku mangan sega

Sudah Lurrr.....

Bagaimana dengan jawaban Anda? Betul semua, salah semua atau hanya sebagian saja yang benar.

Apapun hasilnya, Anda berarti secara tidak sadar telah belajar bahasa Jawa dengan menyenangkan.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Contoh Percakapan Bahasa Jawa Antara Bapak dan Anak