Memori Smartphone Android Hampir Penuh? Bisa Jadi Ini Penyebabnya...

Beberapa hari ini memori internal di smartphone Android saya selalu mendekati 100%. Padahal saya selalu menghapus file yang sekiranya sudah tidak dipakai. Misalnya, foto-foto dan video. Saya selalu menghapus file-file tersebut dari memori setelah memindahkannya ke Google Drive. Aplikasi-aplikasi yang jarang sekali saya pakai pun saya hapus.

Tapi, selalu saja hampir penuh memorinya.

Akhirnya, saya pun mencari solusinya di internet 

Dan ternyata, masalahnya ada pada cache. Selama ini, cache menjadi biang keladi di balik membludaknya isi memori internal di Android. File-file aplikasi besar menyumbang besaran cache yang besar pula. Apalagi jika sering dipakai dan itu yang terjadi pada smartphone saya selama ini.

Saya pun mulai bersih-bersih file cache. Caranya pun sangat mudah.

Pertama, buka "Setelan atau Setting".
Kemudian, pilih dan ketuk "penyimpanan & memori".
Setelah itu masuk ke halaman penyimpanan dan memori yang berisi keterangan berapa ruang kosong yang tersisa serta terpakai, baik itu memori dan RAM.

Ketuk "penyimpanan bersama internal".
Di halaman ini, ada berbagai file yang bisa Anda hapus cachenya. Sebagai contoh, saya ketuk aplikasi lainnya.
Di halaman ini berbagai terdapat berbagai file aplikasi yang sudah terinstall di smartphone Android. Saya ketik aplikasi Facebook. Ternyata, cachenya sudah mencapai 1 MB lebih. Tentu harus dihapus. Beberapa aplikasi bahkan bisa mencapai ratusan megabyte.

Selanjutnya, ketuk tombol "hapus cache atau clear cache".
Maka cache akan kembali 0. Tapi, selama Anda masih menggunakan aplikasi tersebut, maka cache akan terus naik sehingga Anda harus menghapusnya secara rutin agar ruang penyimpanan internal di Android tetap lega.
Akhirnya, smartphone Anda tetap lancar jaya, tidak mudah lagi dan lemot.

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Contoh Percakapan Bahasa Jawa Antara Bapak dan Anak